JASA MARGA PEGIAT ALAM (JASMAPALA) ALAMAT: PLAZA TOL TAMAN MINI INDONESIA INDAH, JAKARTA 13550, EMAIL: jasmapala@jasamarga.co.id

Jumat, 20 Juli 2007

JASA MARGA DI PUNCAK GUNUNG SLAMET



Melalui Jasmapala sebagai wadah pegiat alam PT Jasa Marga (Persero) kibaran bend
era Jasa Marga berada di ketinggian 3428 Mdpl puncak Gunung Slamet. Dalam rangka memenuhi undangan Hari Ulang Tahun Kota Tegal yang ke 406 kegiatan tersebut dihadiri oleh lebih dari 160 orang peserta yang terdiri dari berbagai kelompok pegiat alam seluruh Jawa ini dilaksanakan pada tanggal 6 hingga 8 Juli 2007, adapun kelompok pegiat alam dari PT Jasa Marga (Persero) yang diwakili oleh tim gabungan Jasmapala dari Cabang se Jabotabek Cabang Jagorawi diwakili oleh Effendi dan Ferry, Cabang Cikampek diwakili oleh A. Bachkrie, Cabang Cawang Tomang Cengkareng diwakili oleh Erwin dan Cabang Purbaleunyi diwakili oleh Hary Taruna dan Haryono.

Untuk pendakian gunung slamet dilakukan pagi hari karena jalur yang dilalui terlalu rumit dan terjal, di butuhkan waktu 2 hari 1 malam, Gunung Slamet mempunyai 4 jalur pendakian antara lain: jalur Bambangan, Moga, Guci dan Baturaden, jalur Bamabangan ada di daerah bobotsari, jalur Baturaden ada di daerah Purwoketo, jalur Guci dan Moga ada di daerah Tegal, jalur yang dilalui untuk pendakian masal adalah jalur GUCI .

Jalur awal pada pendakian sangatlah landai menyusuri lereng bukit yang di dominasi dengan alang-alang, pohon pinus dan cemara. Setelah berjalan 3 km kita tiba di pondok cemara, dari pondok cemara dimulai sudut yang tidak terlalu besar yaitu dengan kemiringan jalur sekitar 25 derajat, pada jalur ini banyak terdapat pohon tumbang dan ranting-ranting sehingga kita harus sering menundukan kepala. Pukul 12.17 tim Jasmapala tiba di pondok pinus, untuk beristirahat sejenak.

Jalur semakin sulit di tempuh, sesekali jalur naik turun karena jalur terhalang oleh batang dan ranting pohon sehingga kami terpaksa merangkak untuk melewatinya. Pada ketinggian sekitar 2800 Mpdl tim Jasmapala tiba di pondok kematus, di Pondok ini satu-satunya mata air, tim Jasmapala harus mengambil air untuk bekal sampai puncak. Waktu menunjukan pukul 18.00 matahari mulai tenggalam masing-masing pendaki mengeluarkan senter untuk membantu penglihatan, perjalanan pun dilanjutkan. Pukul 19.20 tim pendaki Jasmapala tiba di pondok pelawangan, di sini para pendaki mendirikan tenda untuk beristirahat dan mempersiapkan fisik yang kemudian pada pukul 03.00 pagi kami meneruskan pendakian, hanya makanan dan air yang dibawa, semua peralatan di tinggal. Dari pondok pelawangan menuju puncak gunung Slamet berjarak 2 jam 30 menit, di jalur ini kita tidak menemui pohon-pohon besar yang sudah kita lalui sebelumnya, kita melewati jalur kerikil dan pasir yang sangat curam dan mudah terperosok.

Pukul 05.30 kemenangan di capai dengan rintangan yang kami lalui, tim Jasmapala tiba dipuncak Gunung Slamet dengan ketinggian 3428 Mpdl. Tim dari Jasmapala menancapkan bendera Jasa Marga dipuncak Gunung Slamet, akibat angin yang sangat kencang membuat tim Jasmapala tidak terlalu lama di puncak Gunaung Slamet yang mempunyai suhu pada saat itu mencapai 10 derajat celcius. Setelah 2 jam berada dipuncak tim Jasmapala melanjutkan perjalanan untuk kembali ke Pondok Pelawangan, angin bertambah kencang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar