JASA MARGA PEGIAT ALAM (JASMAPALA) ALAMAT: PLAZA TOL TAMAN MINI INDONESIA INDAH, JAKARTA 13550, EMAIL: jasmapala@jasamarga.co.id

Selasa, 10 Juli 2007

PACKING EFISIEN



MENARUH barang didalam ransel amat berbeda dengan cara memasukkan buku-buku kedalam day pack (ransel kecil yang biasa digunakan kesekolah)। Buku, baju, kalkulator dapat dimasukkan begitu saja kedalam day pack. Sebaliknya, barang-barang pendakian harus dimasukkan kedalam ransel dengan aturan tertentu sehingga mengurangi rasa sakit pada saaat memanggul dan menghindari ruang kosong di dalam ransel.     

Untuk itu, langkah pertama mengepak perlengkapan pendakian adalah mengelompokkan barang menurut jenis, seperti pakaian dan kantong tidur, alat memasak, tenda, hingga makanan। Bungkus sejumlah kelompok barang itu kedalam kantong-kantong plastik agar mudah dicari. Sebagian besar pandaki menganggap, mengepak barang merupakan seni tersendiri dan kerap mengasyikan.

Bila barang perlengkapan telah terkumpul, masukkan semua kedalam ransel। Jangan biarkan ada sejumlah barang seperti cangkir atau sandal diikat diluar ransel. Selain tidak sedap dipandang, risiko hilang selama pendakian, amat besar. Meski demikian, ada beberapa barang yang ditoleril bila ditaruh diluar ransel dan diikat dengan tali webing ransel. Misalnya, matras karet dan tiang tenda. Namun, yakinkan, semua telah diikat dengan kencang.


Hal yang harus diperhatikan :

Letakkan barang ringan di bagian bawah dan barang berat di bagian atas

Barang-barang yang diperlukan paling akhir (misalnya peralatan tenda dan tidur), ditaruh dibagian bawah dan barang yang sering dikeluar-masukkan (seperti jaket, jas hujan, botol air) dibagian atas

Jangan biarkan ada ruang kosong didalam ransel, contoh: manfaatkan bagian dalam panci sebagai tempat menyimpan beras




1 komentar: